Mengenal bayi prematur.




Mengenal lebih jauh tentang bayi prematur.


Anak saya terlahir diusia 32 week
Di riwayat keluarga saya tidak ada yg melahirkan  diusia prematur, saat usia kandungan saya baru memasuki usia 28 week, saya suka mengalami  sakit hebat di bawah perut,, saat usg dokter bilang ketuban mulai sedikit dan disarankan balik lagi 1bulan. Namun saya merasa sakit stiap si utun bergerak, cari2 masukan dari temen baca google dan teman menyarankan agar saya periksa lagi ke spog lain nya dan rumah sakit berbeda setelah selang 10 hari saya mendatangi rumah sakit yang berbeda,  saat di usg dokter bilang ketuban saya makin sedikit akibat terlalu banyak aktifitas dan kecapean, saya pun tidak merasakan ketuban saya keluar,.
yaa maklum saya memiliki anak yg pertama yg lagi aktif2nya. Dan saya harus di rawat di rs kaget karena tidak apa bersiapan apapun.  Akhirnya setelah di arahkan oleh dokter saya mau dirawat selamat kurang lebih satu minggu saya dirumah sakit. Saya ini sehat tapi saya sperti tidak sehat pakai infusan dan tidak boleh turun dari ranjang, buang air kecil juga harus pake diapers,  dalam waktu 3 hari saya di suntik pematangan baru buat janin agar paru parunya matang begitu kata susternya.
 Setelah 1minggu dirawat akhirnya saya dibolehkan pulang namun saya mendapatkan pesan kalau gerakan janin melambat langsung kita oprasi sc, tidak ada seorang ibu yg mau sc namun untuk kebaikan bersama dan untuk sikecil juga 5 hari berselang gerakan janin melambat dan akhirnya saya memutuskan ke rumah sakit dan hari itu juga saya operasi secar.
Usg diusia 28 week saat ketuban mulai kering

Saat diusg bb hanya 2000gram,dan dokter menguatkan saya hanya allah yg  maha adil dan ibu harus sabar kalau ada kemungkinan terburuk,  saya ikhlaskan semuanya  .
Baru pertama kalinya masuk ruang oprasi yg bgitu dingin suntik anatesis sakittnya massya allah nikmat mana yg kau dustakan, pasang alat detak jantung,

Bismillah...........
Lahirnya putra kami setelah ashar dengan imut2 sekali, dan kecil dia pun menangis...

Allah yang mampu membolak balikan semuanya saya sudah pasrah mampu yg terjadi,
Bb lahir enzio 2500gram sperti bayi normal dan alhamdulillah  dokter begitu sigap mengambil tindakan walau dengan oprasi secar
Enzio saat baru lahir


Tidak ada pemasangan alat di tubuh enzio karena kata dokter enzio terlahir sehat  alhamdulillah  segala semuanya ku pasrahkan  pada mu ya rabb..

Babak baru di mulai mencari-cari tahu tentang bayi prematur...
Apa itu prematur
Masalah pada bayi prematur
Dan bergabung dengan komunitas prematur agar bisa mencari solusi tentang anak2 prematur ..


 📖Bayi prematur adalah bayi yg dilahirkan di usia saat kandungan kurang dari 34 minggu.. 

📖 dukungan optimal untuk bayi prematur agar tumbuh kembangnya optimal 

📖 masalah yg dihadapi oleh bayi prematur:
      1. Metabolisme tinggi
      2. Imaturitas organ
      3. Rentan terhadap pentakit
      4. Kebutuhan nutrisi tinggi
      5. Cadangan nutrisi rendah

🔰 yang dikhawatirkan adalah sindrom metabolik = penyakit jantung, diabetis melitus,  dan  hipertensi.
Gagal tumbuh dan stunting = pertumbuhan bayi terhambat dan bayi tidak dapat mencapai kejar tumbuh
Bayi terlihat lebih kecil dam lebih pendek dibandingkan pada bayi rata2 diusianya

Bayi prematur harus dilakukan skrining yg terindikasi
    1. Usg kepala
    2. Pemeriksaan pendengaran
    3. Anemia pada bayi prematur
   4. Extrauterine growth restriction


Bayi prematur memiliki 3 usia yaitu usia gestasi kronologis dan usia koreksi sampai usia 2tahun :
1.Usia gestasi yaitu usia dihitung dari hari pertama haid ibu sampai hari kelahiran
2. Usia kronologis yaitu usia sejak dilahirkan sampau saat ini
3. Usia koreksi yaitu (usia gentasi +usia kronologis )-40minggu
   Contoh 33minggu +8minggu 4hari -40minggu =1minggu 4hari
Jdi usia koreksi bayi prematur adalah 1minggu 4 hari.

Saya  tidak pernah merasa enzio tumbuh kembangnya lama ko1 blom duduk apa belum jalan, karena saya selalu lihat dari usia koreksi dan menyamakan dengan anak yg usai dengan usia koreksi enzio. Yang penting kita sebagai ibu harus rajin2 stimulasi dan tidak over stimulasi dampaknya juga kurang baik, cukup saja tidak usah memaksa kan,percaya lah setiap anak terlahir dan memiliki kepintaran dengan caranya dia sendiri, dan kita para orang tua tugasnya mendampangi mereka dan suport mereka.

Saya akui enzio mudah sekali terhadap penyakit, karena bayi prematur rentan terhadap penyakit.

Untuk bayi2 prematur sebagai selalu berkonsultasi oleh dokter anak dan melakukan  skirining apa bayi yg terindikasi .

💜Pemberian nutrisi pada bayi prematur,
Hitung kebutuhan kalori dan volumenya ( tdk boleh lebih, tidak boleh kurang semua harus pas)
💜Pantuan perkembangan sikecil yg terlahir prematur berat badan, panjang badan, lingkar kepala, (tidak terlalu cepat dan tidaj terlalu lambat)

Bayi prematur berkala harus selalu dilakukan memastikan tumbung kembang anak optimal
Pemantauan pertumbuhan grafik tumbuh kembang yg sesuai
Pemberian nutrisi untuk bayi prematur sesuai dengan kebutuhannya dan harus tepat tidak boleh berlebihan dan kurang.


Tidak ada ibu diseluruh dunia yg menginginkan anaknya terlahir prematur begitu juga dengan saya namun Kuasa yg Maha esa menggariskannya untuk saya menikamti setiap momentnya
Alhamdulillah enzio skrg berusia 19bulan,,  stiap tumbuh kembangnya beda dengan anak usia normal namun tidak membuatnya  tertinggal jauh dan selalu didampingi dengan dokter anak, jangan malu untuk bertanya tentang anak prematur  dan mencari tahu tentang anak prematur. Dan sebentar lagi enzio memasuki usia 2tahun di bulan oktober saya selalu optimis enzio mampu untuk mengejar semuanya dan selalu percaya akan kemampuan anak saya tanpa harus membanding bandingi dengan seusianya,  karena saya percaya suport orangtua akan membuat anak kita mampu.
Enzio di usia 15 bulan 


Salam dan peluk cinta untuk ibu2 hebat yg melahirkan anak prematur. 💜💜
Dan terus berjuang untuk anak prematur,  saya yakin kalian adalah ibu hebat dan anakanak kuat.






     

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer