Nyeri tulang belakang Tidak bisa di abaikan


Nyeri tulang belakang tidak Bisa disepelekan






Disetiap bertambah usia pasti banyak sekali  penyakit menghantui kita ,semakin bertambahnya umur semakin banyak rasakan, pola hidup sehat dan gaya hidup sehat adalah kunci agar kelak nanti kita bisa trus menikmati masa tua tanpa harus takut di hantui.

Hadir di acara blogger dan vlogger gathering


Tanggal 29/12/2019 dipenghujung tahun aku hadir di acara talkshow mengenai “ nyeri tulang belakang “ bersama kawan-kawan blogger dan juga vlogger. Acara talkshow ini di selenggarakan di Rumah sakit PREMIER JATINEGARA tepatnya di lobby poliklinik Rs premierjatinegara jakarta timur bersama nara sumber dr wismaji sadewo, Sp.BS(k)
Tema nya sangat menarik apa lagi buat kaum hawa termasuk saya. Karena nyeri tulang belakang  rentan sekali terhadap wanita .


Blogger dan vlogger gathering "nyeri tulang belakang " bersama dr. Wismaji sadewo,Sp.BS 

Sakit Pinggang atau Low Back Pain (LBP) menurut dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K) adalah rasa nyeri yang terjadi didaerah pinggang bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki terutama bagian sebelah belakang dan samping luar.

Keluhan nyeri tersebut dapat sedemikian hebat sehingga membuat pasien mengalami kesulitan dalam setiap pegerakan (salah tingkah). Jika berlanjut maka harus istirahat total dan menjalani perawatan di rumah sakit.
Di Indonesia, pasien dengan kasus LBP atau nyeri tulang belakang  cukup banyak dengan kisaran umur 30 tahunan ke atas dan menempati urutan kedua tersering setelah nyeri kepala.

    Sebab-sebab terjadinya nyeri tulang belakang :
  1. Terjadi tekanan pada susunan saraf tepi daerah pinggang (saraf terjepit). 
  2. Spasme Otot (ketegangan otot)  Spasme otot dapat terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak atau berlebihan melampaui kekuatan otot-otot tersebut.
  3. Hernia Nukleus Pulposus (HNP), yaitu :Terdorongnya nucleus pulposus suatu zat yang berada diantara ruas-ruas tulang belakang.
  4. Stres Mental, yaitu : suatu keadaan kejiwaan yang menyebabkan pasien tersebut merasa sangat tertekan.




Siapa saja yang beresiko terkena nyeri tulang belakang
Wanita atau pria dengan usia diatas 30 tahun ke atas
Memiliki kelebihan berat badan
Menjalani gaya hidup yang tidak aktif / kurang gerak.
Pekerjaan yang perlu mengangkat barang berat.
Posisi duduk yang tidak benar
Memakai hak tinggi dalam jangka waktu yang lama

Jika mengalami rasa sakit atau nyeri di bagian leher, pinggang, kesemutan di daerah bokong, sekitar kemaluan, sering buang air kecil, dan tidak bisa mengontrol buang air kecil, jangan pernah diabaikan. dr. Wismaji menggaris bawahi jika mengalami kondisi seperti itu, untuk segera berkonsultasi ke dokter karena kemungkinan besar mengalami nyeri tulang belakang yang mungkin saja serius. Dan percaya juga deh sama saya, nyeri tulang belakang itu enggak banget deh. Lebih baik secepatnya dicari solusinya. Entah dengan minum obat, fisioterapi, botox atau operasi.


Cara mengatasi tulang belakang.
Obat pereda nyeri sendi
Suntikan anti radang
Operasi tulang belakang dan Terapi alternafit yang cocok untuk nyeri tulang belakang  salah satunya adalah melakukan yoga, Berenang dan juga akupuntur. Dengan catatan sudah konsultasi dengan dokter.

Rasa nyeri pada tulang belakang bawah sering dikaitkan dengan nyeri punggung bawah (low back pain). Sakit ini biasanya berhubungan dengan ligamen (jaringan ikat) di sekitar tulang belakang, saraf, dan sumsum tulang belakang. Pada tubuh manusia, tulang belakang terdiri atas 33 ruas tulang yang terbagi menjadi 5 bagian, yaitu 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang yang menjadi satu, dan 4 ruas tulang ekor yang juga menjadi satu. Tutur
Dr wismaji sadewo Sp.Bs

Profil Dr wismaji sadewo, Sp.bs 
(Sumber google)

Dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS merupakan seorang Dokter Spesialis Bedah Saraf yang menyelesaikan Pendidikan Doktoral Ilmu Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2011. Sebelumnya, Beliau menamatkan pendidikan Spesialis Ilmu Bedah Saraf di Universitas yang sama di tahun 2007. Saat ini beliau berpraktek di Rumah Sakit Premier Jatinegara dan juga sebagai narasumber talkshow pada kesempatan kali ini.
Riwayat pendidikan dr wismaji sadewo, Sp.Bs



rumah sakit premier jatinegara jakarta timur 

Sumber google

Rumah Sakit Premier Jatinegara adalah rumah sakit yang berada di Jatinegara, Jakarta Timur. Rumah sakit ini didirikan pada tahun 2010. RS Premier Jatinegara adalah sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan. Beroperasi sejak 25 Maret 1989, RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur yang memiliki keunggulan termasuk didalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis.
Pelayanan 24 jam yang dimiliki oleh RS Premier Jatinegara meliputi:
 ambulance
 Unit Gawat Darurat
Farmasi
 laboratorium dan bank darah
 radiologi
msct scan
 MRI 1,5 Tesla
 hemodialiasa atau alat cuci darah
katerisasi jantung/primary PCI

Visi dan Misi  Rumah sakit premier jatinegara melalui nilai pelayanan yang dianut yaitu Handal, Cepat, Tepat, Ramah, Proaktif dan Konsisten.
Visi Rumah Sakit Premier Jatinegara yaitu : Menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan terkemuka di Asia dengan memberikan layanan yang berkualitas dan berkesinambungan kepada seluruh stakeholder.
Misi Rumah Sakit Premier Jatinegara : Memberikan pelayanan kesehatan bermutu dan memuaskan pelanggan serta mencapai kinerja yang diinginkan.


Instagaram https://instagram.com/rspremierjatinegara
Twitter : https://twitter.com/RSPremierJtngra


Alamat rumah sakit premier jatinegara jakarta timur 
No.85-87, Jl. Raya Jatinegara Timur, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Komentar

Postingan Populer